Tips Mendempul Kayu Yang Tepat

220

Kayu tidak semua memiliki tekstur yang sempurna, terdapat beberapa cacat yang ddiakibatkan oleh beberapa faktor, untuk mengatasinya maka perlu mendempul kayu.

Furniture interior yang menggunakan bahan kayu sampai sekarang masih memiliki banyak peminat. Tampilan seratnya yang indah menjadi daya tarik tersendiri alasan mengapa kayu banyak digunakan untuk furniture.

Kayu sangat rawan rusak seperti berlubang atau retak karena beberapa faktor dan menyebabkan tampilan kayu kurang menarik. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu mendempul kayu bagian yang rusak sehingga cacat tersebut dapat tersamarkan dengan baik.

Cara Mendempul Kayu Yang Bagus

Mendempul kayu merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi cacat pada kayu. Cacat pada kayu bisa diakibatkan oleh proses alami kayu seperti usia kayu tersebut dan terlihat sekali pada bagian mata kayu. Selain itu, juga diakibatkan oleh cuaca dan hewan liar seperti burung pelatuk.

Kayu yang mengalami cacat biasanya memiliki tampilan yang menarik, daripada tidak terpakai banyak industri woodworking baik mikro maupun makro menyiasati hal semacam ini dengan cara mendempul kayu. Dempul kayu tidak hanya berfungsi untuk menyamarkan kayu saja melainkan juga untuk menutup pori-pori kayu sehingga mempermudah finishing pada tahap selanjutnya.

Untuk memudahkan pengaplikasian dempul, berikut cara mendempul kayu yang tepat:

  1. Pastikan kayu yang digunakan bersih dan permukaan rata (tidak terdapat serabut kayu yang keluar). Maka ampelas permukaan kayu tersebut yang bertujuan untuk membersihkan kayu dari kotoran ataupun sisa minyak kayu yang tersisa sehingga mempermudah ketika didempul.
  2. Larutkan dempul baik air atau solvent sesuai dengan jenis dempul yang digunakan. Aplikasikan dengan pisau palet ke bagian yang cacat. Jika menginginkan pori-pori tertutup, maka aplikasikan ke seluruh permukaan menggunakan pisau palet atau kuas.
  3. Tunggu hingga kering kurang lebih 30 menit
  4. Setelah kering diampelas kembali menggunakan kertas ampelas no. 240.

Jenis Dempul Kayu Yang Bagus

Dempul yang bagus untuk mendempul kayu adalah dempul yang dapat melekat dengan baik ke permukaan kayu ketika diaplikasikan, selain itu tidak mudah terangkat jika diampelas. Dempul kayu memang banyak beredar di pasaran sehingga Anda perlu memilih jenis dempul yang bagus digunakan untuk finishing kayu.

Dempul kayu yang tersebar dipasaran biasanya memiliki jenis dua bahan yaitu dempul dengan bahan solvent based dan dempul berbahan water based. kedua jenis dempul ini memiliki fungsi dan kegunaan yang sama namun yang membedakan adalah kandungan bahan pada setiap dempul. Dempul kayu yang terbuat bahan water based jauh lebih bagus dan aman digunakan karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya selain itu memiliki kandungan VOC yang rendah sehingga tidak berdampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan.

Anda dapat menggunakan Biovarnish Wood Filler yang merupakan dempul kayu berbahan water based. Dempul ini dijamin aman karena bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperrti regulasi VOC US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency sehingga dempul kayu ini sangat aman, tidak beracun dan bahan tidak berbau karena memiliki kandungan VOC yang rendah.

Biovarnish Wood Filler memiliki fitur yang sangat menguntungkan proses mendempul kayu Anda karena dempul tersebut dapat melekat dengan baik pada permukaan kayu, mudah diaplikasikan, tarikan ampelasnya ringan dan tidak alot, tidak mudah terangkat dan sangat aman digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here