Tips Menata Furniture Dengan Tepat

138
menata furniture
menata furniture di dapur ala country atau western style

Salah satu hal yang membuat ruangan tampak lebih rapi adalah penataan furniture dengan tepat. Furniture yang ditata dengan sempurna ini tentunya akan membuat tampilan ruangan menjadi semakin rapi, namun berbeda halnya jika furniture ditata dengan tidak tepat.

Furniture yang mewah dengan penataan yang sembarangan ini bukannya akan membuat tampilan ruangan menjadi indah, namun hanya akan membuat suasana ruangan menjadi kurang nyaman. Kenyamanan ini akan membuat keluarga anda menjadi betah di rumah. Bagaimana caranya menata furniture dengan tepat? Simak tips mudah berikut ini.

Tips Mudah Menata Furniture Agar Terkesan Rapi

  1. Kenali fungsinya

menata furniture
tempatkan furniture sesuai dengan fungsinya

Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum menata furniture adalah mengenali fungsi ruangan tersebut dan seberapa orang yang akan tinggal di ruangan tersebut. Keluarga kecil dengan ruangan yang minimalis tentunya membutuhkan perabotan seperti kursi dengan jumlah yang lebih kecil dibandingkan dengan sebuah keluarga yang besar. Misalnya, pada sebuah ruang makan dengan anggota keluarga berjumlah 4 orang, maka kursi makan yang harus anda sediakan setidaknya sesuai dengan jumlah keluarga anda.

  1. Tentukan fokus utama

menata furniture
tentukan fokus dalam menata furniture

Untuk membuat tampilan ruangan menjadi lebih mebarik, maka harus ditentukan sebuah fokus utama dari ruangan tersebut. Hindari menempatkan beberapa benda atau fokus utama dari ruangan tersebut. Ketika seseorang memasuki sebuah ruangan, maka orang tersebut tentunya akan melihat sesuatu yang menjadi poin utama dari ruangan tersebut. Terlalu banyak poin utama di sebuah ruangan, maka ruangan akan tampak kurang menarik dan terkesan lebih berat.

  1. Tetapkan prioritas utama

Menempatkan furniture hendaknya dimulai dari furniture dengan ukuran yang paling besar terlebih dahulu. Penempatan furniture dengan sistem seperti ini akan lebih memudahkan anda dalam menata furniture yang ada pada ruangan tersebut. Kamar tidur misalnya, perabotan utama yang harus diletakkan terlebih dahulu adalah ranjang tidur. Setelah itu, anda dapat meletakkan perabotan lainnya dengan ukuran yang lebih kecil sampai dengan aksesoris pada kamar tidur tersebut.

  1. Simetris

menata furniture
menata furniture dengan kesan formal

Bagi anda yang menyukai ruangan dengan gaya formal, kesimtetrisan dari peletakan furniture ini sangat penting. Mengapa? Ruangan yang bertema formal akan sangat cocok untuk anda terapkan dengan peletakan furniture yang simetris. Nah, bagi anda yang lebih memilih gaya yang casual, maka letakkan furniture secara asimetris. Ruangan akan tampak lebih santai dan juga lebih cantik.

  1. Berikan jarak pada furniture

Furniture yang diletakkan terlalu berdekatan tentunya akan membuat ruangan menjadi semakin sempit dan ruang gerak juga akan terbatas. Oleh karena itu, hal lain yang perlu anda perhatikan dalam penempatan furniture adalah jarak pada setiap furniture. Kursi tamu dan meja tamu misalnya, berikan jarak yang tepat dan jangan terlalu jauh. Berikan jarak yang ideal pada setiap furniturenya. Jarak yang ideal ini memungkinkan bagi anda dan juga tamu anda untuk pindah dari satu kursi ke kursi yang lainnya di ruang tamu.

  1. Variasi

Di dalam sebuah ruangan, variasi warna, pola, dan juga bahan memang sangat menentukan kualitas dari sebuah ruangan tersebut. Ada kalanya di dalam sebuah ruang tamu, anda juga menambahkan sofa atau kursi d

engan warna yang berbeda agar ruangan tampak lebih hidup. Selain itu, berikan keseimbangan pada furniture anda, misalnya furniture dengan ukuran yang kecil dipadukan dengan furniture dengan ukuran yang lebih besar.

Semoga membantu anda dalam mempertimbangkan peletakan furniture di rumah anda. Simak tips menarik yang lainnya dan semoga berguna.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here