Refinishing Kursi Bambu Dengan Pernis Kayu Natural

1106

Tampilan kursi dari bambu cenderung lebih klasik karena warnanya yang natural kayu maka dari itu agar tetap terjaga dengan baik lakukan refinishing pernis kayu.

Perawatan furniture dari bambu seperti kursi akan membuat bambu lebih awet jika dilakukan secara rutin. Anda dapat menggunakan poles kayu setiap seminggu sekali agar tampilan pada bambu tetap mengkilap dan indah. Namun, jika warna sudah mulai memudar maka segera mungkin untuk refinishing furniture tersebut.

Untuk refinsihing sebaiknya menggunakan cat kayu yang mudah untuk digunakan dan memiliki tampilan yang maksimal diantaranya adalah pernis kayu.

Bambu Sebagai Bahan Baku Furniture

Kursi atau furniture yang menggunakan bahan baku bambu sampai saat ini masih memiliki minat yang banyak di Indonesia. pada umumnya, penggunaan furniture bambu sering digunakan bagi Anda yang menyukai konsep rumah klasik atau tradisional notabene dominasi elemen yang digunakan adalah material alam seperti bambu, rotan atau kayu.

Bambu juga sangat efektif untuk menggantikan kayu yang cenderung mahal karena bambu juga memiliki tekstur yang kuat dan mudah dibentuk. tentu tampilan yang dihasilkan juga tidak kalah bagus dengan kayu, pada umumnya untuk menghias bambu perlu diaplikasikan pernis kayu.  Dengan pernis maka warna asli bambu tersebut akan lebih tajam dan menonjol sehingga warnanya terlihat semakin indah. Jika kursi atau furniture bambu Anda sudah mulai memudar, maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah refinishing furniture tersebut. Adapun refinishing kayu tersebut sebagai berikut:

  1. Ampelas permukaan bambu dengan ampelas hingga lapisan cat lama terangkat
  2. Pastikan furniture bambu bersih dan tidak terserang jamur atau serangga pengganggu. Jika terdapat beberapa bagian yang rusak karena faktor jamur atau serangga maka segera aplikasikan obat terlebih dahulu sebelum di refinishing. Anda dapat mencoba BioCide yang merupakan obat nati jamur dan anti jamur yang ramah lingkungan.
  3. Pernis dilarutkan kemudian diaduk hingga homogen kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan bambu menggunakan kuas.
  4. Keringkan hingga cat benar-benar kering

Untuk refinishing furniture bambu Anda di rumah, sebaiknya gunakan pernis yang menggunakan bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan.

Pernis Kayu Yang Sesuai Dengan Regulasi Internasional

Tidak semua jenis pernis aman untuk digunakan dan bahkan masih sedikit jenis cat kayu yang menggunakan bahan-bahan  sesuai dengan regulasi internasional. Kenapa harus regulasi internasional? Sebab regulasi tersebut dipastikan memiliki standar keamanan bahan kimia dan VOC yang jelas. Salah satu pernis kayu yang menggunakan bahan-bahan sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) adalah Biovarnish Wood Stain. kedua regulasi ini adalah regulasi yang mengawasi keamanan bahan kimia dan VOC dalam bahan finishing. Regulasi-regulasi tersebut akan sangat mudah Anda jumpai jika Anda memiliki industri perkayuan atau mebel yang memiliki sasaran pasar internasional.

Pernis kayu ini biasanya menggunakan bahan water based sehingga Anda tidak perlu membeli bahan pelarut seperti thinner, ethanol atau spiritus. Tentu akan lebih menguntungkan Anda karena tidak harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli bahan pelarut solvent tersebut, hanya cukup menggunakan air secukupnya. Agar lebih detail atau menginginkan pemesanan langsung, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here