Perbedaan Pernis dan Plitur Yang Belum Banyak Diketahui

3539

Mungkin sebagian orang masih menganggap bahwa pernis dan plitur sama. padahal perbedaan pernis dan plitur untuk dunia finishing sangat lah mencolok.

Plitur atau pernis sangat sering digunakan untuk finishing dengan tampilan natural kayu. Pada umumnya, yang sering menggunakan cat kayu ini adalah pengusaha mikro, UKM, DIY atau hanya penghobi kayu saja karena cat kayu ini jauh lebih mudah digunakan dan memiliki harga yang lebih murah daripada cat kayu lainnya.

Namun, tidak jarang diantara masyarakat masih bingung dengan perbedaan pernis dan plitur bahkan masih dianggap sama saja. Nyatanya, kedua cat kayu ini sangatlah berbeda jika dilihat dari segi bahan dan tampilan.

Perbedaan Pernis dan Plitur Yang Mudah Dilihat

Jika Anda membutuhkan tampilan natural kayu dan bertanya ke toko maka Anda akan diberikan pilihan oleh penjual plitur atau pernis. Diantara sebagian orang mungkin cat kayu tersebut sama saja karena memiliki tampilan natural kayu. Tapi bagi yang sudah ekspert tentang perkayuan atau finishing maka keduanya sangat lah berbeda jauh.

Perbedaan pernis dan plitur sangatlah mencolok bagi dunia finishing. Agar tidak salah dalam memilih cat kayu untuk finishing furniture dengan tampilan natural kayu maka perhatikan penjelasan berikut. Pernis merupakan jenis cat kayu yang sering digunakan untuk finishing furniture interior sebab jenis cat kayu ini tidak tahan terhadap paparan langsung sinar matahari atau guyuran air hujan setiap saat. Pernis terbuat dari campuran resin, drying oil dan solvent sehingga tampilan yang dihasilkan adalah transparan atau bening. Tampilan akhir pernis biasanya adalah glossy atau semi gloss sehingga furniture interior yang menginginkan tampilan tersebut biasanya menggunakan pernis.

Sedangkan plitur cenderung berwarna kekuningan ketika diaplikasikan karena efek dari resin serangga tersebut. Ya, plitur merupakan cat kayu yang terbuat dari resin alam yang didapatkan di serangga dan hanya bisa dijumpai di India atau Thailand. Mungkin diantara kita tidak asing dengan serlak India, serlak tersebut adalah kata lain dari plitur. Plitur biasanya memiliki bentuk berupa serpihan tipis berwarna keemasan atau tembaga dan dilarutkan menggunakan thinner, spiritus atau ethanol. Kedua jenis cat ini tergolong jenis cat kayu solvent based karena memiliki kandungan resin yang sangat tinggi.

Perkembangan Pernis dan Plitur Saat Ini

Dengan perbedaan pernis dan plitur di atas kita jadi tahu bahwa keduanya memiliki tampilan yang berbeda namun keduanya sama-sama jeni cat solvent based. Tahu kah Anda bahwa cat solvent based berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan? Ya, cat tersebut sangat berbahaya karena kandungan VOC-nya yang sangat tinggi.

Seiring dengan perkemangan teknologi, setelah melalui beragam percobaan dan riset kini telah dikembangkan jenis plitur atau pernis yang jauh lebih aman yaitu cat water based. Cat ini mengggunakan bahan dasar air sehingga lebih ramah lingkungan. salah satu cat water based yang dijamin adalah Biovarnish sebab bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional.

Untuk informasi lebih detail mengenai Biovarnish, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056. Demikian ulasan singkat mengenai perbedaan pernis dan plitur untuk kebutuhan finishing kayu. Disaranakn untuk menggunakan bahan-bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan demi kesehatan orang-orang sekitar Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here