Mengenal Pernis dan Fungsinya Untuk Finishing

856

Mengenal pernis dan fungsinya sebelum memutuskan untuk membeli pernis akan membantu Anda dalam menentukan pernis yang tepat untuk melapisi permukaan funiture.

Finishing merupakan proses akhir yang harus dilakukan untuk memberikan hasil yang indah pada furniture. Jarang kita jumpa furniture tanpa finishing, hampir semua furniture melakukan proses ini karena bertujuan tidak hanya memberikan estetika pada furniture namun juga proteksi pada kayu.

Mengenal pernis dan fungsinya sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan pernis yang belum Anda ketahui jenis dan kualitasnya, akan sangat membantu Anda dalam memilih, memilah dan megaplikasikan pernis dengan tepat.

Mengenal Pernis dan Fungsinya

Pernis merupakan bahan finishing yang paling mudah untuk diaplikasikan. Pada umumnya, pernis hanya digunakan untuk furniture interior karena ketidaktahanannya terhada cuaca. Walaupun begitu, pernis masih digunakan untuk finishing baik industri kecil-menengah ataupun DIY. Selain karena caranya yang mudah dan cepat diaplikasikan, pernis juga menghasilkan tampilan mengkilap yang maksimal.

Dengan lapisan pernis, maka permukaan furniture akan tetap terjaga dari kerusakan seperti goresan, noda, sinar ultraviolet, jamur dll. Sayangnya, pernis akan memudar dan catnya akan mengelupas setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama namun warna dasar akan tetap terlihat. Untuk mengatasinya, maka Anda harus refinishing furniture Anda dengan pernis kembali. Jangan lupas untuk menghilangkan sisa cat yang masih menempel terlebih dahulu agar mudah untuk direfinishing.

Diantara kita mungkin hanya mengenal pernis dengan nama pernis saja tanpa mengetahui bahan yang digunakan. Dengan mengenal pernis dan fungsinya, kita akan mengetahui berbagai jenis pernis sehingga kita akan lebih selektif ketika memilih pernis untuk melapisi furniture. Pernis yang terdapat dipasaran, pada umumnya menggunakan bahan shellac, poliuretan atau acrylic. Jika kita melihat dari bahannya, kita akan mengetahui jenis pernis mana yang aman untuk digunakan. Ya, tidak semua jenis pernis kayu yang berada dipasaran aman untuk digunakan. Dari beberapa bahan yang digunakan, pernis yang aman digunakan adalah pernis dengan bahan water based acrylic.

Pernis Kayu Yang Eco Friendly Di Indonesia

Mengenal pernis dan fungsinya justru akan memudahkan Anda dalam memilih jenis pernis yang cocok untuk melapisi permukaan funriture. Seperti yang diterangkan sebelumnya bahwa jenis cat kayu yang baik adalah pernis berbahan water based acrylic. Salah satu pernis water based yang aman untuk digunakan adalah Biovarnish. cat kayu ini sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan bahkan kandungan VOC-nya sangat rendah. Volatile Organic Compound (VOC) merupakan senyawa organik yang beracun dan mudah menguap di udara. Semakin rendah VOC dalam bahan finishing, maka semakin aman pula cat tersebut untuk digunakan. Biovarnish bahkan tidak membahayakan anak-anak ataupun hewan peliharaan Anda sebab bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency(EPA) dan European Chemical Agency (ECHA)

Yang biasanya Anda tidak merasa nyaman ketika bau cat yang menyengat, berbeda halnya dengan Biovarnish yang cenderung tidak berbau. Selain itu, cat ini juga tidak beracun sehingga dipastikan aman ketika ataupun setelah digunakan. Untuk cara aplikasi, Anda bisa menggunakan dengan berbagai cara baik dengan  oles, kuas maupun semprot/spray.

Untuk informasi lebih detail mengenai produk Biovarnish atau pemesanan, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056. Demikian ulasan singkat mengenal pernis dan fungsinya yang tepat untuk finihsing furniture, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here