Mengenal Jenis-Jenis Kayu Triplek

900
Mengenal Jenis-Jenis Kayu Triplek

Mahalnya kayu solid membuat banyak pengrajin furniture beralih menggunakan kayu triplek. Apa saja jenis-jenis kayu triplek yang sering beredar di pasaran?

Kayu triplek biasanya disebut sebagai kayu lapis yang terbuat dari serpihan kayu yang kemudian direkatkan menjadi satu dengan menggunakan mesin yang bertekanan tinggi. Triplek juga merupakan bahan yang banyak dicari oleh masyarakat dan juga para pengrajin kayu sebagai bahan utama atau dapat juga dipakai sebagai bahan untuk alternatif kayu.

Semakin mahalnya kayu solid, maka kayu triplek semakin banyak dicari orang karena harganya yang lebih murah. Kayu triplek seperti halnya kayu solid, juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan baik untuk bahan bangunan atau konstruksi ringan, mebel dan yang lainnya. Triplek terdiri dari beberapa jenis sebagai berikut:

Mengenal Jenis-Jenis Kayu Triplek Sebagai Pengganti Kayu Solid

  1. Particle board

Particle board terbuat dari serbuk atau gergajian kayu kasar yang kemudian dicampur dengan menggunakan bahan kimia lalu ditekan dengan menggunakan mesin bertekanan tinggi. Particle board biasanya berbentuk papan. Particle board memiliki kualitas yang rendah dibandingkan dengan jenis triplek yang lain. Particle board ini sangat rentan dan memiliki kualitas yang rendah. Particle board juga tidak tahan terhadap air dan semakin lama akan semakin melengkung. Bahan ini banyak digunakan untuk bahan furniture dengan harga yang sangat terjangkau dan juga ekonomis. Banyak sekali furniture yang terbuat dari particle board ini dengan desain yang menarik dan juga cantik. Namun tentu saja daya ketahanannya juga rendah.

  1. Multiplek

Mengenal Jenis-Jenis Kayu TriplekMultiplek memiliki ciri yang hampir mirip dengan particle board. Perbedaannya terletak pada kualitas yang ditawarkan. Multiplek terbentuk dari serbuk kayu yang halus yang kemudian dicampur atau dikombinasikan dengan bahan kimia dan dipress dengan menggunakan mesin yang bertekanan tinggi.

Multiplek memiliki ciri-ciri yang lebih kuat dibandingkan particle board karena bahan yang digunakan lebih bagus dan juga memiliki tingkat kepadatan yang cukup tinggi. Bahan multiplek dapat tergolong bahan yang lebih awet dari pada particle board. Bahan dengan menggunakan multiplek ini juga dapat bertahan hingga berpuluh tahun tergantung dari cara perawatannya. Apabila dirawat dengan baik, tentu saja akan lebih awet dan bertahan lama. Multiplek juga banyak dicari oleh para pengusaha kayu atau para pengrajin kayu dikarenakan harganya lebih murah dibandingkan dengan kayu solid. Namun, harga multiplek ini lebih mahal dibandingkan dengan harga particle board.

  1. Blockboard

Mengenal Jenis-Jenis Kayu TriplekJenis yang ketiga dari triplek adalah blockboard. Bahan dengan blockboard ini sangat berbeda sekali dengan bahan yang digunakan pada particle board ataupun multiplek. Blcokboard tidak menggunakan bahan dari serbuk atau gergajian kayu, namun menggunakan potongan-potongan kayu dengan ukuran yang kecil yang kemudian disatukan atau direkatkan dengan menggunakan lem yang berkualitas. Lem yang digunakan merupakan lem jenis yang khusus. Setelah direkatkan, blockboard tersebut kemudian ditekan atau dipres dengan menggunakan mesin bertekanan.

Blockboard harganya lebih mahal dibandingkan jenis triplek yang lainnya. Kualitas yang ditawarkan dari blockboard ini tentu saja lebih awet dan tahan lama. Selain itu bahan ini juga tidak mudah melengkung. Bahan blcokboard juga banyak digunakan sebagai bahan furniture atau mebel dengan harga yang mahal pula. Bahan yang digunakan untuk pembuatan blockboard biasanya terbuat dari kayu meranti dan jenis kayu solid lainnya sehingga bahan ini lebih kuat dan juga awet.

Demikian beberapa jenis triplek yang biasa digunakan untuk pembuatan furniture dan perabotan rumah tangga yang lainnya. Pilih dari segi kualitasnya agar furniture dari bahan triplek awet dan tahan lama. Sekian dan semoga berguna.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here