Keindahan Desain Rustic Furniture Yang Tak Lekang Oleh Waktu

273

Dewasa ini desain rumah bernuansa rustic banyak diminati oleh masyarakat. Desain interior bergaya rustic biasanya terlihat jelas dalam bentuk furniture. Desain rustic furniture seringkali dipadukan dengan desain modern ataupun desain kontemporer, sehingga menghasilkan kombinasi yang sangat menarik.

Kalau Anda sempat memperhatikan, coffe shop maupun distro-distro yang banyak dibangun akhir-akhir ini banyak menggunakan konsep desian interior bergaya rustic. Coffee table dan kursi rustic yang dilengkapi dengan dekorasi interior etnik akan membawa nuansa yang hangat dan santai. Sangat cocok untuk melepas lelah setelah bekerja seharian.

Tak hanya pasar lokal saja yang berminat pada furniture berdesain rustic. Peminat dari rustic furniture ini juga sampai ke mancanegara. Oleh sebab itu, saat ini semakin banyak pengrajin kayu yang mengerjakan jenis furniture ini untuk diproduksi ke pasar lokal maupun ekspor.

Sebenarnya apa sih arti dari desain rustic itu sendiri. Secara harfiah, kata rustic diartikan pada “kesederhanaan”, kesederhaan yang dekat dengan nuansa pedesaan yang alami. Rustic juga identik dengan kesan usang, lawas dan berkarat. Konsep rustic inilah yang banyak diadop untuk desain furniture rustic.

Rustic furniture merujuk pada kesan yang natural, alami, usang, lawas tetapi tetap terlihat menarik. Desain interior bergaya rustic bisa Anda lihat dalam berbagai bentuk, diantaranya dalam bentuk furniture seperti kursi, meja, lemari, ataupun dalam bentuk dekorasi interior seperti bingkai cermin, tempat lampu dan berbagai bentuk dekorasi rumah lainnya.

Desain rustic furniture merupakan penekanan dari gaya pedesaan yang mengutamakan bentuk pada keindahan alam yang kasar. Ini mencakup tekstur alami, warna yang biasa dan sederhana serta bentuk yang apa adanya. Proses alamiah alam yang sering memberikan dampak pada suatu benda, seperti terkena panas, hujan, terpapar angin dan debu bertahun-tahun lamanya akan meninggalkan alur jelas pada kayu.Inilah salah satu ciri khas alam yang ingin ditiru pada furniture bergaya rustic.

 

Meskipun kental dengan nuansa alami dan usang, akan tetapi bentuk rustic ini dapat disandingkan dengan berbagai perabotan yang berbau kontemporer dan modern. Kemampuan Anda dalam memadupadankan berbagai desain dalam rumah akan sangat mempengaruhi hasil akhirnya.

 

Apa yang Perlu Diperhatikan Dalam Proses Finishing Rustic Furniture

 

Proses finishing furniture bergaya rustic biasanya menonjolkan serat kayu sehingga tercipta kesan yang cenderung kasar dan lawas. Serat kayu dibuat terlihat menonjol dan keluar dari permukaan kayu. Jenis finishing ini bisa membantu mengubah bahan kayu yang masih muda menjadi terkesan tua dan keras.

Untuk membuat finishing furniture bergaya rustic, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut. Pertama, gunakan jenis kayu yang memiliki bentuk tekstur serat kayu yang bagus, seperti jenis kayu jati, kayu mindi, kayu oak, dan jenis kayu bertekstur menarik lainnya.

Kedua, pastikan Anda menggunakan bahan finishing yang berkualitas namun tetap mudah dalam aplikasinya. Ada banyak bahan cat yang bisa Anda gunakan, baik yang menggunakan thinner sebagai pelarut maupun yang menggunakan pelarut air. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Ketiga dan ini yang terpenting, perhatikan proses rustic kayunya. Sebelum proses pengecatan dilakukan, Anda perlu membuat tekstur kayu terlihat lebih menonjol. Salah satu caranya, Anda bisa menggunakan sikat kawat untuk membuat alur kayu yang lebih kuat. Setelah itu, amplas menggunakan scotch brite untuk menghaluskan tekstur kayu yang sudah terbentuk. Yang perlu di-ingat, teknik rustic yang tepat adalah dilakukan searah. Lakukan terus menerus dan tidak berpindah-pindah sehingga terbentuk lekukan sesuai alur serat.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here