Furniture Ukir Khas Jepara

530

Adakah yang belum mengenal Jepara? Kota ini terletak di pantai utara pulau Jawa, kira-kira 100 km dari Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Daerah tersebut tidak hanya menjadi pelabuhan pemberangkatan ke Kepulauan Karimunjawa yang mempesona, namun sebenarnya lebih dikenal akan kerajinan furniture ukir khas Jepara yang legendaris dan mendunia.

Saat ini, Jepara tetap menjadi salah satu sentra utama kota penghasil furniture ukir khas Jepara  di Indonesia yang ketenarannya menyebar hingga ke pasar internasional. Jepara sudah menghasilkan berbagai macam produk perabotan dari yang murah hingga berharga sangat mahal. Furniture buatan sentra Jepara umumnya dihiasi dengan ukiran halus dengan pola bunga dan sulur. Ukiran yang paling mengesankan adalah gebyok, pintu rumah, pintu kabinet, tetapi ada juga peti dan kotak penyimpanan.

Berbeda dengan Bali dimana pemahat kayu membuat bentuk manusia dan patung binatang, gaya furniture ukir khas Jepara mengikuti ajaran Islam, ukiran hanya menggambarkan bunga, daun dan pohon dalam desain yang rumit dan saling berkaitan. Tidak hanya perabotan model lokal saja yang diproduksi, saat ini Jepara juga mampu menghasilkan replika desain furniture yang antik dan bagus yang mengikuti desain pasar internasional.

Jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat furniture Jepara adalah jati dan mahoni. Furniture jati dari Jepara sendiri diketahui memiliki kualitas tinggi. Kayu jati merupakan bahan utama untuk membuat pilihan furnitur rumah karena mampu berusia lama dan tahan terhadap serangan rayap dibanding jenis kayu lainnya. Disisi lain, furniture kayu jati Jepara juga memiliki serat yang cukup kuat. Jadi furniture yang dihasilkan akan cukup kokoh dan kuat.

Sampai saat ini, banyak sekali produk furniture Jepara bergaya klasik ataupun modern yang telah diproduksi dengan berbagai desain dan gaya yang berbeda-beda. Entah itu untuk dipasarkan di pasaran lokal maupun global. Berikut adalah dua contoh furniture ukir khas Jepara:

  • Pintu gebyok

Mengenai pintu gebyok, sangat erat kaitannya dengan seni budaya Jawa. Seperti yang Anda ketahui bahwa seni kebudayaan Jawa adalah yang tertua di dunia yang paling banyak diminati di dunia internasional. Gebyok ini difungsikan sebagai pintu rumah yang tidak memakan tempat atau sebagai pintu menuju ruang utama. Namun, jika Anda memiliki rungan yang cukup luas, maka bisa memasang pintu tersebut dengan ukuran yang lebih besar. Secara umum, pintu ini terdiri dar beberapa bagian, seperti daun pintu, daun klewer, kusen dan mahkota yang berfungsi sebagai sirkulasi udara.

 

  • Tempat tidur

Tempat tidur ini merupakan salah satu furniture ukir khas Jepara yang didesain begitu mewah. Memadukan antara ukiran bergaya Timur Tengah dan Indonesia, membuat ranjang ini tampak gagah dan klasik. Selain itu, warna putih gading yang terdapat pada head board dan matras sangat cocok dengan kombinasi cat duco berwarna patina grey pada ukiran  yang membuat ranjang tersebut terlihat lebih elegan. Cat duco ini sangat pas dipergunakan karena dapat mempertegas corak ukir dan detail dari tempat tidur tersebut.

 

Itulah dua contoh furniture ukir khas Jepara. Jika Anda tertarik dengan furniture bergaya khas Jepara ini, tak ada salahnya Anda merogoh kocek untuk membelinya. Namun sebelum membeli pastikan Anda mengecek kondisi furnitur di semua sisi. Pilihlah perabotan yang tidak berlubang. Lubang di furnitur jati biasanya disebabkan oleh serangga jati kecil yang dikenal dengan nama Trocoh Jepara. Furnitur kayu jati dengan lubang harus dihindari karena rapuh dan tidak tahan lama.

Cat Yang Bagus Untuk Gebyok Ukiran Jepara

Apakah Anda penggemar gebyok? Gebyok akan tambah apik jika diberikan tampilan dengan menggunakan cat kayu. Bahkan untuk perlindungan yang baik dari rayap maupun jamur. Biovarnish salah satu produk pengganti pernis dan plitur kayu ini mampu memberikan perlindungan tersebut. Warna natural transparannya yang unik akan memperlihatkan serat kayu yang unik. Cara menggunakan cat kayu Biovarnish juga mudah cukup dengan air dan juga kuas. Segera dapatkan cat kayu Biovarnish di UD Darmayatindo (pusat) alamat Jalan Tamansiswa km 1 Pekalongan Tahunan nomor telepon 0291-4297252 atau nomor 085-102-302-090.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here