Furniture Berbahan Kayu

671

Furniture berbahan kayu merupakan bentuk kerajinan mebel, baik itu kursi, meja, tempat tidur, atau perabotan lain yang menggunakan bahan dasar kayu sebagai komponen utama untuk susunannya. Penggunaan kayu pada kerajinan mebel sangat digemari banyak orang yang memang menginginkan suasana klasik dan kesan alami pada interior rumah mereka. Tak hanya itu, furniture kayu juga fleksibel dan sangat cocok bila disandingkan dengan gaya-gaya lain, seperti kontemporer, modern maupun minimalis.

ada umumnya, furniture berbahan kayu biasa dibuat dari kayu solid, daur ulang maupun kayu olahan. Jenis kayu yang sering digunakan untuk bahan utama antara lain jati, mahoni, pinus dan masih banyak lagi. Namun, seiring dengan kemajuan jaman, banyak bahan-bahan lain yang bermunculan untuk digunakan sebagai pembuatan furniture seperti baja, satainless stell, kaca maupun plastik. Semua bahan ini mungkin sekarang sudah merevolusi di industri mebel dunia. Akan tetapi tidak bisa disangkal, bahwa kayu tetap merupakan pilihan nomor satu dibandingkan bahan lainnya.

Sifat dari furniture kayu biasanya sangat awet dan mampu bertahan hingga puluhan tahun. Namun, untuk ketahan seperti itu dibutuhkan kayu yang memang berusia agak tua. Ini membuktikan bahwa kayu merupakan bahan yang sangat baik untuk kebutuhan industri mebel. Para pengrajin mebel umumnya menciptakan kreatifitas furniture mereka dengan menggabungkan keindahan alami dengan bahan-bahan lainnya. Contohnya, saat ini banyak sekali kursi kayu dengan dihiasi banyak ukiran yang dikombinasikan dengan papan dudukan yang empuk dan dilapisi dengan kulit.

Walaupun, industri dan teknologi di jaman modern ini memberikan bahan alternatif lain untuk pembuatan furniture, namun kayu tetap menjadi pilihan karena mempunyai karakter yang berbeda yang tidak dimiliki oleh bahan lainnya. Karakter lain tersebut antara lain:

  1. Estetika

Kayu mempunyai serat alami yang indah sehingga jika dijadikan sebuah perabotan, maka akan menambah estetika dari furniture itu sendiri. Warna, pola serat dan aroma di setiap kayu bisa berbeda-beda tergantung dengan jenis kayu tersebut. Sebab itu, Anda bisa memilih kayu yang memang cocok dan sesuai dengan apa yang yang diinginkan. Jika Anda menyukai kayu yang masih putih dan berusia muda untuk dijadikan furniture, maka Anda bisa mengakalinya dengan wood stain untuk membuat warna dari kayu tersebut menjadi lebih tua.

  1. Berkelas

Karena furniture berbahan kayu mempunyai estetika yang baik, maka akan menawarkan nuansa yang lebih anggun, mempesona dan menarik untuk interior rumah Anda. Jika diterapkan di dalam ruangan furniture kayu ini akan memberikan sentuhan yang alami, antik dan original. Sehingga akan memberikan titik fokus yang menarik pada pandangan mata.

  1. Daya Tahan dan Kekuatan

Selain mempunyai pola serat yang unik, furniture berbahan kayu menawarkan kepada Anda daya tahan dan kekuatan yang tidak dimiliki oleh perabotan berbahan lainnya. Karena secara alamiah kayu merupakan material alam yang tahan banting terhadap segala kondisi. Namun untuk mendapatkan furniture yang bisa bertahan sampai beberapa generasi dibutuhkan bahan kayu yang memang sudah berumur tua.

  1. Perawatan yang mudah

Mempunyai furniture berbahan kayu dalam perawatannya pun cukup mudah. Jika furniture tersebut kotor, maka Anda hanya tinggal membersihkannya dengan lap kain yang sedikit dibasahi dengan air. Atau anda bisa menggunakan wax untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Itulah beberapa karaktek yang dimiliki oleh furniture berbahan kayu. Oleh sebab itulah sejak jaman dahulu hingga saat ini kayu menjadi pilihan tetap bagi para pecinta mebel klasik maupun modern.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here