Finishing Kayu Mahoni Dengan Cat Dasar Kayu Yang Tepat

1255

Furniture banyak menggunakan bahan baku kayu mahoni karena kualitasnya dibawah kayu jati. untuk menghasilkan tampilan yang bagus gunakan cat dasar kayu ini.

Kayu mahoni merupakan jenis kayu yang banyak tumbuh di Indonesia. pada jaman panjajahan Belanda, kayu mahoni banyak digunakan sebagai peneduh. Kayu ini banyak tumbuh dipinggira jalan seperti daerah di Jawa. Karena jenis kayunya yang bagus, kayu ini bergeser fungsinya yaitu untuk bahan baku furniture ataupun interior ruangan.

Kayu mahoni memiliki tampilan yang kemerahan seperti halnya kayu kamper. Untuk mempertajam tampilan, sebaiknya aplikasikan cat dasar kayu dengan kualitas yang bagus agar hasilnya pun lebih maksimal.

Cara Finishing yang Bagus Untuk Kayu Mahoni

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa kayu ini banyak digunakan untuk peneduh jalan. Namun sejak lebih dari seperempat abad terakhir ini kayu mahoni banyak digunakan untuk kebutuhan woodworking atau mebel karena memiliki kualitas dengan tingkat kekerasan yang hampir sama dengan kayu jati. sehingga waja apabila kayu mahoni dijuluki sebagai primadona kayu kedua setelah kayu jati.

Kayu mahoni bagus digunakan untuk furniture karena memiliki serat yang halus dan beragam sehingga menghasilkan tampilan yang bagus. Memiliki penampang kayu dengan penyusutan atau perenggangan yang bagus, selain itu juga memiliki kandungan minyak yang rendah sehingga memudahkan untuk difinishing baik tampilan natural ataupun solid. Namun, pada umumnya kayu mahoni lebih cocok digunaka untuk tampilan natural kayu atau klasik.

Maka dari itu, pilih cat dasar kayu dengan kualitas yang bagus untuk hasil yang maksimal. agar tidak salah dalam pengaplikasian, berikut cara finishing pada kayu mahoni:

  1. Karena memiliki kandungan minyak yang rendah sehingga akan memudahkan untuk diampelas. Tujuan ampelas adalah untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada kayu serta meratakan kayu agar mudah difinishing.
  2. Aplikasikan filler untuk hasil natural kayu ke seluruh permukaan kayu mahoni searah serat kayu menggunakan pisau palet.
  3. Pilih warna cat yang dibutuhkan. Untuk hasil lebih tajam, gunakan wood stain dengan warna mahoni. Aplikasikan Wood Stain dengan kuas atau semprot ke seluruh permukaan kayu kemudian tunggu hingga kering. Setelah kering, ampelas permukaan kayu menggunakan kertas ampelas no. 240.
  4. Untuk hasil yang lebih maksimal, aplikasikan topcoat di atas wood stain.

Cat Dasar Kayu Dengan Tampilan Natural Yang Eco Friendly

Cat dasar kayu untuk melapisi kayu mahoni memang sangat banyak dengan merk yang beragam dan tingkat kualitas yang berbeda. Namun dari sekian cat yang berada dipasaran, tidak semua jenis cat kayu aman untuk digunakan selama finishing. Tentu Anda tidak menginginkan karyawan atau tenaga aplikator Anda terserang penyakit karena selalu berkecimpung dengan dunia finishing, bukan? Sebaiknya menghindari penggunaan cat solvent based yang dikenal berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan karena kandungan kimia berbahaya dan tingginya kandungan VOC.

Cat dasar kayu yang aman untuk finishing hanya bisa Anda jumpai pada cat water based. walaupun masih tergolong baru di Indonesia, namun peminat dari cat ini selalu meningkat karena banyaknya masyarakat telah mengetahui pentingnya penggunaan bahan yang aman dan ramah lingkungan. salah satu cat water based yang dijamin aman dan rendah VOC adalah Biovarnish sebab cat ini telah memenuhi standar keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Untuk informasi lebih detail mengenai produk atau pemesanan, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here