Finishing Kayu Jati Belanda

1724

Meja palet dengan bahan kayu jati belanda justru terlihat menarik menggunakan warna natural kayu. Finishing kayu jati belanda akan mempertajam warna asli kayu serta melindungi kayu.

Meja yang terbuat dari kayu sudah banyak digunakan di Indonesia. namun, trend beberapa tahun terakhir adalah meja yang menggunakan palet kayu. Tampilannya yang unik dan terkesan minimalis ini lebih diminati oleh masyarakat. Palet yang digunakan biasanya menggunakan kayu jati belanda yang notabene memiliki warna yang cerah dan tampilan serat kayunya yang rapi nan indah.

Untuk menunjang keindahan pada meja kayu palet tersebut maka diperlukan lapisan coating yang tepat. Finishing kayu jati belanda tersebut dapat memberikan tampilan kayu lebih menarik dan indah.

Finishing Kayu Jati Belanda Pada Meja Palet

Kayu menjadi bahan dasar furniture yang sering digunakan baik di Indonesia maupun mancanegara. Karena tampilannya yang indah serta tekstrunya yang kuat menjadikan kayu merupakan bahan alam favorit yang selalu digunakan, diantaranya adalah kayu jati belanda. Seiring perkembangan jaman, kini kayu jati belanda lebih sering dibentuk menjadi papan-papan palet. Kayu palet tersebut dapat dijadikan menjadi beragam furniture atau interior seperti rak hias, meja, kursi dll. Trend yang banyak menggunakan palet kayu biasanya digunakan pada cafe atau restaurant namun juga tidak jarang digunakan untuk dekorasi ruangan rumah.

Tampilan palet kayu biasanya adalah natural kayu. Tampilan ini memiliki kesan yang alami, indah dan menarik sehingga banyak digunakan. Dengan tampilan natural kayu maka serat dari kayu jati belanda tersebut terlihat dengan baik. Untuk mendapatkan tampilan natural kayu yang indah, perhatikan finishing kayu jati belanda berikut:

  1. Ampelas terlebih Dahulu.Pengampelasan bertujuan untuk meratakan serta membersihkan permukaan kayu agar mudah untuk di finishing. Anda dapat menggunakan ampelas mesin ataupun manual. Untuk cara mesin biasanya caranya adalah memutar, hal ini berisiko akan tampilan dari kayu tersebut karena dapat menyebabkan goresan. Sedangkan cara manual lebih rapi namun membutuhkan waktu sedikit lama.
  2. Aplikasi Wood Filler. Jika Anda menginginkan tampilan close pore pada kayu jati belanda, maka aplikasikan wood filler. Anda dapat menggunakan pisau palet atau kuas lalu diamkan selama setengah jam. Setelah kering sempurna, ampelas kembali
  3. Aplikasikan Wood Stain. Wood Stain dapat juga menggunakan plitur atau cat kayu lainnya yang bertujuan sebagai colouring.
  4. Untuk hasil yang maksimal maka perlu aplikasikan topcoat untuk tahap akhir ini.

Cat Warna Natural Kayu Yang Ramah Lingkungan

Coating pada tahap finishing kayu jati belanda ini dapat mendukung tampilan kayu bahkan dengan coating, furniture dapat memiliki nilai harga jual 2 kali lebih. Selain itu, coating juga bertujuan untuk melindungi kayu agar tidak mudah rusak karena gangguan luar seperti debu, jamur, serangga atau mikroorganisme perusak kayu lainnya.

Gunakan cat water based yang dijamin aman dan ramah lingkungan. Cat ini diformulasikan sebagai pengganti cat solvent based yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan. Cat ini baru dikembangkan oleh sebagian manufaktur cat di Indonesia karena meningkatnya peminat cat water based. Masyarakat mulai menyadari akan pentingnya cat kayu yang aman bagi kesehatan dan lingkungan. salah satu cat water based yang bagus digunakan untuk kayu jati belanda adalah Biovarnish.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu jati belanda yang terbuat dari water based acrylic yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan. menggunakan bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency sehingga cat ini jauh lebih aman, tidak beracun dan rendah VOC.

Anda dapat menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056 untuk informasi dan pemesanan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here