Cat Anti Rayap Yang Aman dan Ramah Lingkungan

695

Furniture dengan bahan material organik seperti kayu akan mudah terserang serangga perusak jika tidak menggunakan cat anti rayap yang tepat.

Furniture sudah menjadi kebutuhan primer bagi bangunan baik rumah pribadi, restaurant, cafe, ataupun penginapan. Tidak hanya sebagai pelengkap suatu ruangan namun furniture juga digunakan sebagai mempercantik ruangan. maka dari itu, sangat penting untuk menjaga tampilan sekaligus melindugi furniture dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh serangga atau mikroorganisme pemakan kayu.

Gunakan cat anti rayap yang dapat mempercantik tampilan furniture sekaligus melindungi kayu dari gangguan berbahaya dari serangga perusak seperti rayap.

Cat Anti Rayap Yang Bagus

Bahan furniture dari kayu sampai saat ini masih banyak digunakan karena memiliki tekstur yang kuat, tahan lama dan memiliki serat yang indah. Sehingga tampilan yang sering digunakan untuk finishing furniture kayu adalah warna natural kayu. Kayu memiliki berbagai jenis yang dapat digunakan untuk furniture namun kayu juga memiliki kelemahan yaitu sangat mudah terserang jamur dan serangga. Untuk mencegah perkembangan serangga biasanya dibutuhkan treatment sebelum kayu digunakan.

Tidak berhenti treatment sebelum kayu diproses untuk furniture, namun juga saat finishing. Tahap finishing merupakan tahap akhir pada furniture untuk memberikan tampilan yang menarik. Pada tahap ini, gunakan cat kayu yang memiliki kandungan yang bagus untuk kayu dan anti terhadap jamur dan serangga.

Biasanya cat anti rayap yang banyak digunakan untuk furniture adalah cat kayu dengan bahan solvent based. Cat ini banyak tersebar di seluruh penjuru Indonesia dengan beragam merk. Walaupun memiliki tampilan yang bagus, namun cat ini sangat mudah menguap sehingga proteksi terhadap kayunya pun berkurang. Selain itu cat ini juga menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya sekaligus VOC yang tinggi jadi tidak bagus untuk kesehatan maupun lingkungan sekitar.

Anda dapatĀ  menggunakan cat anti rayap yang menggunakan bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan yaitu cat water based. salah satu cat water based dengan kandungan yang sudah pasti aman adalah Biovarnish. Cat ini memiliki varian yang lengkap, mulai dari basecoat, wood stain hingga topcoat sehingga sangat bagus digunakan untuk kebutuhan finishing dengan tampilan natural kayu. Untuk mempermudah, berikut tahap finishing dengan Biovarnish:

  1. Pastikan kayu yang digunakan bersih, jika tidak ampelas permukaan kayu tersebut hingga kotoran atau sisa minyak benar-benar bersih.
  2. Pilih Biovarnish Wood Filler sesuai dengan warna bahan yang digunakan. Aplikasikan wood filler ini menggunakan pisau palet. Keringkan selama 20 menit kemudian ampelas
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur air kemudian diamkan di tempat teduh selama 60 menit. Kemudian ampelas halus permukaan kayu tersebut.
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear sebagai tahap akhir, kemudian diamkan selama semala untuk hasil yang maksimal.

Cat Kayu Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Biovarnish merupakan cat water based yang diformulasikan sebagai pengganti cat solvent based seperti plitur atau pernis sehingga sangat bagus digunakan untuk finishing dengan tampilan natural kayu. Cat ini juga sangat aman digunakan karena menggunakan bahan-bahan yang telah diformulasikan sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi VOC US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency. Sehingga cat ini tidak berbahaya ketika digunakan, tidak beracun dan tidak meninggalkan bau yang menyengat.

Cat anti rayap sangat bagus digunakan untuk finishing pada material organik seperti kayu, bambu, rotan, dan serat alam lainnya. Formulanya yang ringan akan lebih mudah diaplikasikan karena tarikan kuasnya yang ringan dan mudah selain itu daya rekat filmnya kuat serta memiliki transparansi warna yang bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here