Cara Mendempul Kayu Yang Tepat

568

Untuk mendapatkan tampilan furniture lebih maksimal maka perlu memperhatikan cara mendempul kayu berikut ini.

Dempul kayu sangat bagus digunakan untuk menyamarkan cacat pada kayu seperti lubang, retak dan sebagainya. Industri kayu pun sering menggunakan dempul untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. sebab dengan dempul, tampilan pada permukaan kayu pun tidak terlalu mencolok.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka cara mendempul kayu dengan langkah yang tepat sangat berpengaruh ketika finishing.

Cara Mendempul Kayu Yang Tepat

Furniture merupakan barang yang sangat penting untuk melengkapi suatu hunian. Sampai saat ini, furniture yang banyak digunakan untuk melengkapi suatu hunian adalah berbahan kayu. Jenis furniture denganbahan ini tidak pernah menurun peminatnya karena bahannya yang terkesan alami. Namun, kadangkala kayu yang digunakan pada furniture mengalami cacat dan paling sering adalah bagian mata kayu yang sering retak.

Kayu yang sangat penting untuk dilapisi dempul yaitu kayu merbau dan kayu kelapa atau glugu. Jenis kayu ini memiliki pori-pori kayu yang besar sehingga akan menyulitkan tahap finishing selanjutnya. Cat yang diaplikasikan pada kayu ini tanpa dilapisi dempul akan menyerap ke dalam pori-pori kayu sehingga tampilannya tidak dapat menutup dengan baik. Alhasil, warna pada furniture tersebut cenderung transparan sehingga sangat penting untuk mengetahui cara mendempul kayu dengan menutup pori-pori kayu. Maka, pengaplikasian cat pun jauh lebih mudah karena cat dapat melekat dengan baik pada permukaan kayu.

Berikut cara mendempul kayu yang tepat untuk mengatasi cacat  atau menutup pori-pori kayu:

  1. Pastikan kayu atau substrate lainnya bersih dan tidak meninggalkan kotoran.
  2. Ampelas permukaan kayu untuk menghilangkah kotoran atau sisa minyak yang masih terdapat pada kayu.
  3. Larutkan dempul dengan pelarut yang sesuai dengan dempul yang digunakan. Aduk hingga mendapatkan kekentalan yang dibutuhkan.
  4. Aplikasikan dempul kayu menggunakan pisau palet ke seluruh permukaan kayu jika digunakan untuk menutup pori-pori atau di beberapa bagian kayu yang cacat.

Dempul kayu bisa Anda dapatkan di pasaran ataupun toko-toko bangunan terdekat daerah Anda. Pada umumnya, dempul yang terdapat dipasaran di dominasi dengan dempul berbahan solvent based. Dempul ini menggunakan bahan pelarut solvent seperti thinner, spirtus atau pelarut lainnya.  Dempul dengan bahan solvent based kadangkala sangat alot ketika diampelas dan cepat kering. selain itu, dempul tersebut juga menimbulkan bau yang sangat menyengat. Untuk lebih aman, Anda dapat menggunakan dempul kayu yang menggunakan bahan dasar air. Dempul ini hanya cukup menggunakan bahan pelarut air secukupnya dan tidak meninggalkan bau yang sangat menyengat.

Rekomendasi Dempul Kayu Berbahan Aman

Dempul kayu yang aman tentu lebih baik bagi kesehatan dan lingkungan sekitar Anda. sebab dempul tersebut tidak mudah menyebabkan gangguan pernafasan atau gangguan kesehatan lainnya, selain itu dempulnya pun tidak mencemari lingkungan.

Dempul kayu yang menggunakan bahan yang sudah disesuaikan dengan regulasi internasional adalah Biovarnish Wood Filler. Dempul ini memiliki fitur yang dapat menguntungkan Anda diantaranya mudah diaplikasikan, daya rekat filmnya yang kuat, cepat meresap ke dalam serat kayu, ringan dan tidak alot ketika diampelas.

Biovarnish Wood Filler menggunakan bahan-bahan yang aman dan telah sesuai dengan standarisasi bahan kimia dari regulasi US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency. Kandungan VOC dalam dempul sangat rendah sehingga dempul ini dipastikan tidak membahayakan kesehatan ataupun lingkungan Anda bahkan tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat.

Pastikan cara mendempul kayu Anda tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal. gunakan dempul kayu yang sudah disesuaikan dengan regulasi keamanan internasional demi kepentingan pekerja atau orang-orang sekitar Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here